TAHAP-TAHAP PEMBUATAN WPAP & KETENTUAN DASARNYA

PEMILIHAN FOTO
PERSIAPAN
PEMBIDANGAN (FACETING)
PEWARNAAN (COLORING)

Pemilihan Foto
Foto wajah dengan kualitas baik
Jelas secara visual, tajam pada bagian fokusnya, berwarna (color) atau hitam putih (BW), cukup pencahayaan dan kekontrasannya.
resolusinya minimal medium, setara dengan ukuran 10,5 x 14,85 cm; resolusi 150 dpi

Persiapan
Gunakan software/prorgram aplikasi yang mempunyai fasilitas seperti Pen Tool, Bezier Tool, Rectangle Tool atau Polygonal Lasso.
Membuat file baru, menempatkan foto ke bidang kerja (placing), atur posisi sesuai keinginan.

Pemilihan Bidang
Pen tool/bezier tool/rectangle tool/polygonal lasso digunakan untuk mentracing bidang (membuat bidang) berdasarkan gelap terangnya bidang-bidang yang tampak di foto asli. Ketegasan diperlukan untuk menentukan batas-batas bidang, karena pada foto asli biasanya batas antar bidang yang berbeda tingkat kegelapannya tidak selalu jelas (bergradasi)
Pada tahap ini berlaku ketentuan:
DI DALAM WPAP TIDAK BOLEH ADA BIDANG(FACET) YANG TERBENTUK OLEH GARIS-GARIS LENGKUNG ATAU KURVA.
SEPANJANG TIDAK MERUSAK KEMIRIPAN, WPAP HARUS MENGHADIRKAN BIDANG-BIDANG ATAU GARIS PERTEMUAN ANTAR BIDANG YANG BENAR-BENAR VERTIKAL DAN HORIZONTAL.
*(optional: Andai terdapat kemiringan, maka kemiringan itu harus terukur dengan tegas, misalnya kemiringan 60, 45, 30, 15, tapi tidak 93, 88, atau 54 derajat) - Buku Wedha dan WPAP hal. 34.
BILA ADA BEBERAPA SUDUT DARI BIDANG-BIDANG YANG BERTEMU, PERTEMUAN ITU HARUS BENAR-BENAR PADA SATU TITIK.

Pewarnaan
Untuk pewarnaan (coloring) pada WPAP berlaku ketentuan:
PADA SETIAP BIDANG(FACET) HARUS DIISI DENGAN WARNA YANG SOLID, TIDAK BOLEH ADA WARNA BERGRADASI. DAN KESELURUHANNYA TIDAK BOLEH MENGGUNAKAN WARNA KULIT MANUSIA (SKINTONE)
Apabila pembuatan WPAP melalui proses greyscale atau skintone, masing2 warna tersebut diganti dengan warna2 lain yang tingkat kegelapannya setara....
Pembidangan yang hanya menggunakan garis-garis lurus dan pewarnaan yang menghindari warna kulit tersebut dilakukan sebagai sarana demi terciptanya 'menu rasa' yang berbeda dari figur yang diangkat, menu rasa hasil kreatifitas inilah yang diupayakan kehadirannya sebagai syarat seni rupa modern

mick jagger in wpap by Wedha Abdul Rasyid


No comments for "TAHAP-TAHAP PEMBUATAN WPAP & KETENTUAN DASARNYA"