Membuat Button Swish Max 4 Dengan Dua Object

Button atau tombol merupakan objek yang digunakan sebagai eksekutor suatu action di script. Seperti contoh ketika kita akan melanjutkan frame atau scene. Seelum kita membuat button tentunya kita menjalankan aplikasinya terlebih dahulu dan membuat file baru. Dalam pembuatan Button yang terbentuk dari 2 objek ini, kita akan menambahkan objek teks diatas objek yang sudah kita buat terlebih dahulu.
Adapun langkah-langkah pembuatan Button dari dua objek tersebut adalah sebagai berikut:
Buat objek objek lingkaran ataupun dalam bentuk lain seperti yang anda inginkan, seperti halnya langkah langkah pembuatann Button dari satu objek.

Buat objek teks dengan menggunakan Text Tool (T),  dengan cara klik text tool (E) kemudian klik di layaout area kerja kerja kita. 
Sebagai contoh kali ini saya akan membuat teks “OK” 
  
Apabila text yang sudah kita buat terlalu besar dan ingin merubah jenis, maka kita bisa merubah hal tersebut di properties
Setelah kita sudah mengatur ukuran dan jenis text yang kita pakai, hal selanjtunya yang harus kita lakukan adalah menjadikan objek tersebut menjadi button. Karena kita akan membuat button melalui dua objek maka kita harus mengaktifkan kedua objek tersebut.


Klik kanan pada objek yang sudah kita atifkan tadi, kemudian pilih Grouping  Group as Button. 
Setelah berhasil menjadikan dua objek tersebut menjadi satu button maka kita harus memberi nama button tersebut. Sebagai contoh kali ini button yang sudah kita buat kita beri nama “ok”

Video Tutorial

Jika kalian kurang jelas dalam memperlajari tutorial SWiSH Max4 di atas, kalian juga bisa melihat lebih detail lagi di video di bawah ini, atau bisa lebih lengkap di GOPOH Tutorial

No comments for "Membuat Button Swish Max 4 Dengan Dua Object"