Membuat Button Dengan Swish Max 4

Button atau tombol merupakan objek yang digunakan sebagai eksekutor suatu action di script. Seperi contoh ketika kita akan melanjutkan frame atau scene. Seelum kita membuat button tentunya kita menjalankan aplikasinya terlebih dahulu dan membuat file baru.
Untuk belajar membuat button animasi flash di SWiSH Max4 kita harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buatlah objek  lingkaran  dengan menggunakan Ellipse Tool ( E )  dan letakan objek tersebut pada layaout. ( untuk pembuatan objek terserah kalian )
  2. Setalah anda membuat objek lingkaran menggunakan ellipse tool (E) seperti perintah no 1 maka kita akan memperoleh seperti gambar di bawah ini
  3. Catatan Untuk memperoleh bentuk lingkaran yang sempurnaka, maka anda harus menggunakan tombol Shift pada keyboard dan kombinasikan dengan mouse, dengan cara Tekan tombol shift dan klik ellipse tool (E) secara bersamaan di area kerja layaout.
  4. Kemudiak klik kanan pada objek yang sudah kita buat, pilih convert Convert to Button
  5. Maka secara otomatis di timeline dan di outline file yang awalnya masih bertuliskan shape dan berganti menjadi button, itu berarti kita sudah berhasil dalam membuat button.


Hal yang tak kalah pentingkany adalah kita memberi nama Button yang sudah kita buat tadi, adapun langkah langkah memberi nama button adalah sebagai berikut:
  1. Aktifkan objek yang sudah kita buat. objek yang aktif akan muncul tanda kotak putih dibagian pojok objek yang sudah kita buat.
  2. Ketika objek yang sudah kita buat dan kita sudah mengaktifkannya, maka di properties akan muncul seperti gambar dibawah ini
  3. Pada Properties ada area kosong yang diberi tanda lingkaran seperti gambar diatas, itu menunjukan bahwa, button yang kita buat belom memiliki nama, yang harus kita lakukan adalah memberi nama pada area kosong tersebut.
  4. Untuk beajar membuat button animasi flash kali ini, saya akan memberi nama button saya dengan nama tombol. Dengan kita memberi nama pada button yang kita buat, maka di timeline dan di outline objek button kita juga akan berubah  nama seperti yang sudah kita rubah, kita bisa melihat perubahan tersebut pada gambar berikut.

Video Tutorial

Jika kalian kurang jelas dalam memperlajari tutorial SWiSH Max4 di atas, kalian juga bisa melihat lebih detail lagi di video di bawah ini, atau bisa lebih lengkap di GOPOH Tutorial

No comments for "Membuat Button Dengan Swish Max 4"