Cara Membuat Media Player dengan SW­­ISH Max

Untuk membuat media player dengan SWISH Max 4 tentunya kita harus menguasai bagaiman cara membuat objek itu sendiri, bahkan kita harus juga mengerti memberi audio terhadap objek. Tapi khusus membuat media player dengan SWISH Max 4 kali ini, berbeda memberi audio terhadap objek.
Langsung saja kita membuat media player dengan SWISH Max 4, tapi sebelum itu, bebrapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuat media player ini.
Bebrapa hal tersebut yang harus dipersiapkan antara lain :
1.    File Musik / Audio
2.    Folder Baru untuk menyimpan file audio dan file .swf itu sendiri.
3.    Yang terakhir tentunya kita buat file flash di SWISH Max itu sendiri
Untuk membuat media player langkah-langkahnya dalah sebagai berikut:
1.    Buat folder baru, beri nama folder tersebut sesuai yang kalian inginkan
2.    Masukan file audio yang kita persiapkan tadi ke folder yang sudah kalian buat
3.    Buat movie baru dari SWISH Max 4
4.    Untuk membuat media player dengan swish max 4, kita memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh SWISH Max 4. Dalam SWISH Max 4 ada fasilitas Multimedia, dalam fasilitas ini terdapat 3 jenis layanan, yaitu audio player, controls dan SWF Controls. Untuk memakai fasilitas tersebut kiat bisa masuk ke Componen à Multimedia à Audio Player. Seperti gambar yang diberi anak panah dibawah ini.
5.    Dalam fasilitas Audio Players ini terdapat 3 sampel template audio player, kalian bisa memilih salah satu di antara ketiga tersebut, untuk kali ini penulis memilih salah satu template yaitu template SampleMP3_03, template tersebut sebagai berikut.
6.    Setelah kalian memmilih salah satu template tersebut, kemudian ka.ian drag ke layout / area kerja yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Maka akan seperti gambar dibawah ini.
7.    Setelah kalian berhasil melakukan drag objek tersebut maka pada timeline akan satu layer dimana layer tersebut berbentuk movie. Dan pada toolbar properties akan muncul jendela terkait dengan nama
8.    objek yang kita drag tersebut. Seperti gambar dibawah ini.

9.    pada kasus ini kita kasih nama objek tersebut dengan nama Media Player, seperti project yang kita persiapkan.

10.   Setelah objek sudah kita kasih nama, kita akan memperkecil layout tersebut sesuai dengan objek yang ada, untuk memperkecil layout tersebut kalian tentunya harus mengaktifkan layout tersebut.
11.   Setelah kalian mengaktifkan layout, maka pada setiap sisi layout ada kotak warna putih seperti gamabr berikut.
12.   Di titik inilah kita bisa memperkecil layout sesuai dengan objek yang ada, adapun langkah langkanya yaitu
a.  Sorot titik tersebut dengan Mouse kalian, sehingga cursor berubah bentuk menjadi kedua sisi bermata anak matah
b.  Klik dan drag titik tersebut samapai dengan area onjek kita yang sudah dibuat
c.  Lakukan lagi disisi lain sampai layout tidak terlihat.
13.   Setelah kalian semua seudah menghilangkan layout sesuai dengan bojek media player kalian, maka kalian bisa mencoba atau test movie tersebut dengan cara klik file à Test à SWIS in Flash Player ( Ctrl + T )


14.   Maka akan tammpak seperti gambar dibawah ini jika kalian sudah test movie tersebut
15.   Namun movie ini masih belum bisa kita play music kita, dengan kasus seperti ini, kita akan mengintegrasikan file music / audio yang sudah kita simpan di Folder yang sudah kita buat diawal tadi.
16.   Untuk mengintegrasikan file music / audio yang sudah kita simpan di folder yang kita buat, kita harus mengaktifkan objek yang sudah kita buat tadi.
17.   Setalh berhasil diaktifkan, kita focus pada pada layout parameters. Jika di layout kalian belum ada parameters, kalian bisa menampilan layout tersebut dengan langkah klik window à parameters ( Ctrl+Shift+F3)

18.   Pada jendela parameters, kita konsentrasi pada General Setting, klik tanda plus ( + ) pada samping General Setting tersebut. Mska akan tampak seperti gambar berikut.
Kemudian isi Value sesuai ketentuan berikut:
MP3 URL            : “Nama mp3”.mp3 (hilangkan tanda petik diatas)
Track Title        : Judul Audio / Musik
Track Artist       : Nama Artis atau Musisi dari file audio tersebut
Starting voleme    : awal volume ketika media player di mulai
Loop Audio         : True
Load on Star       : False
19.   Setelah kita berhasil mengintegrasikan file audio dengan objek yang sudah kita buat, maka langkah terkahir yang kita lakukan adalah export file movie yang sudah kita buat menjadi file SWF dan simpan satu folder dengan file audio di folder yang sudah kiat buat diawal tadi.
20.   Kemudian klik dua kali file SWF yang sudah kita buat, jika file tersebut berhasil play musikny, berarti kalian berhasil membuat media player ini.
Terimakasih semoga bermanfaat.

  

1 comment for "Cara Membuat Media Player dengan SW­­ISH Max"

Post a Comment