Komponen Desain Grafis Seacar Rinci

GARIS
dalam kenyataan ‘garis’ itu tidaklah ada. jika anda kira rambut itu adalah garis, coba lihat dengan mikroskop, rambut terlihat dan terdiri dari banyak sel dengan bentuk-bentuk organis. garis tericpat dari adanya perbedaan warna, cahaya atau perbedaan jarak.
tetapi dalam desain grafis, garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang di deretkan memenjang. garis di software grafis komputer sering disebut outline (coreldraw), countour atau stroke (adobe photoshop). setiap jenis garis memiliki karakter dan suasana yang berbeda
setiap garis menimbulkan kesan psikologis / persepsi tersendiri. misal garis yang membentuk ‘S’. sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. bandingkan dengan garis yang membentuk ‘Z’ terkesan tegas dan kaku. perasaan ini terjadi karena kita menyamakan dengan bentuk lengkung seperti bentuk tubuh yang sexy atau ombak di laut
garis secara orientasi,terdiri dari :
  1. Garis lurus horisontal, memberi kesan : sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak
  2. Garis lurus vertikal, memberi kesan : stabilitas, kekuatan atau kemegahan
  3. Garis Lurus miring diagonal, memberi kesan : tidak stabil, sesuatu yang begerak atau dinamika
  4. Garis melengkung kurva, memberi kesan keanggunan, halus,
BENTUK
Bentuk juga disebut dengan shape, dihasilkan dari gari garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwiwarna) dan 3 dimensi (trimatra)
Setiap bentuk mempunyai arti tersendiri, tergantung budaya, geografis dll. Contoh Segitiga bisa melambangkan konsep trinitas ( ayah, ibu, anak ),

Bentuk Dasar 2 dimensi
pada dasarnya, bentuk dimulai dari segi 3 sampai segi tidak terhingga atau lingkaran,. dari bentuk dasar tersebut bisa dibuat pengembangan / kombinasi dan variasi banyak lagi . 

Bentuk dasar 3 dimesni
untuk mendapatkan macam-macam bentuk 3 dimensi yang lebih lengkap dapat mnggunakan bentuk bentuk dasar (primitive) di 3D Studio Max.

ILUSTRASI / GAMBAR / IMAGE
Pada awalnya, ketika seorang seniman grafis melukiskan ilustrasi dari sebuah peristiwa atau dongeng, mereka mencoba merepresentasikan suatu keadaan secara natural sebagaimana aslinya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi maka kini orang lebih suka merekam kejadian melalui kamera foto atau video. tidak lagi melalui goresan pena yang biasa dikenal sebagai fine art.

Ilustrasi menurut definisinya adalah seni gambar yang dimanfaatkan untuk memberi penjelasan atas suatu maksud dan tujuan secara visual. Ilustrasi secara harafiah berarti gambar yang dipergunakan untuk menerangkan atau mengisi sesuatu. Dalam desain grafis, ilustrasi merupkan subjek tersendiri yang memiliki alur sejarah serta perkembangan yang spesifik atas jenis kegiatan seni tertentu.

Ilustrasi dapat dipergunakan untuk menampilkan banyak hal serta berfungsi antara lain :

  1. memberi gambaran tokoh atau karakter dalam suatu cerita,
  2. menampilkan beberapa contoh item yang diterangkan dalam suatu tulisan tertentu.
  3. menvisualisasikan langkah demi langkah pada sebuah instruksi atau prosedur atau model tertentu.
  4. atau sekedar membuat pembaca tersenyum bahkan tertawa.
Untuk menciptakan suatu ilustrasi pada desain grafis dapat melalui cara-cara berikut:

  1. Manual/ Hand Drawing/ Gambar Tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lainnya. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lainnya. Untuk memindahkan ke dalam format digital perlu alat seperti Scanner atau Foto Digital.
  2. Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vector (Coreldraw) atau bitmap (Adobe Photoshop). Format vector yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format Bitmap terdiri dari pixel-pixel, sangat cocok untuk foto.
WARNA
Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri, dengan warna tersebut kita dapat menyampaiakn desain kita kepada audience. Secara fisika warna dapat dipengarusi oleh tekstur / material dan cahaya, sehingga bisa tampak berbeda.

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.
Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta.
Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.
Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna).
Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen. ( Sumber : Wikipedia )
Masih dalam pengembangan 

No comments for "Komponen Desain Grafis Seacar Rinci"