Cara memasang Action di Adobe Photoshop CC


Photoshop
 Action adalah fungsi photoshop yang sangat berguna untuk melakukan pekerjaan repetitif (berulang), seperti resize (mengubah ukuran foto), konversi format file (misal dari JPEG ke TIFF) atau melakukan perubahan warna pada sekelompok foto sekaligus. Dengan photoshop action kita bisa mengemat banyak waktu dengan menghindari pekerjaan sepele yang berulang.

Kita bisa mengambil contoh secara sederhana kita ingin me-resize sebuah foto. Maka langkah-langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Saat sebuah foto terbuka, klik File > Image
  2. Masukkan ukuran yang anda inginkan, misal 600px x 400 px dengan resolusi 75
  3. lalu klik OK

Kelihatannya sepele bukan? Sekarang misalnya anda ingin melakukan resize pada 50 foto sekaligus, dijamin hal yang sepele ini akan menjadi cukup menyita waktu dan mengurangi kecepatan kerja kita.

Bukan hanya itu, photoshop actions juga bisa digunakan untuk menyimpan langkah-langkah editing yang berguna misalnya konversi foto ke black & white, sepia, memberi efek tertentu pada foto dan lain sebagainya.

Baca Juga Cara Membuat Action Photoshop 
Untuk mengawali memasang action Adobe Photoshop kita harus memperiapkan aplikasi tersebut untuk dipasangi Action tersebut, pada kasus kali ini admin menggunakan Adobe Photosho CC

Buka aplikasi Adobe Photoshop yang akan kita pasangi Action, tentunya kita sudah mempersiapkan action yang akan kita pasang di apllikasi kita


Setelah kita sudah mempersiapkan aplikasi Adobe Photoshop CC yang sudah kita jalankan, kita aktifkan panel Action yang ada di sebelah kanan layer seperti yang sudah admin lingkari dengan warna merah dibawah ini


Jika di aplikasi kaliann semua belum ada panel yang sudah admiin lingkari seperti gambar di atas, kalian bisa menampilkannya melalui menu Window -- > Action atau bisa melalui Alt + F9. Setelah panel action sudah keluar langkah selanjutkan kita meng-import file Action yang sudah kita persiapkan sebelumnya.. Dengan cara kita klik icon lingkaran merah ini bawah ini.


Sehingga akan muncul tampilan pilihan menu berbagai fasilitas terkait dengan action photoshop. Bisa kita lihat seperti dibawah ini 

Setelah tampak seperti gambar diatas, kita pilih menu Load Action pada gambar Load Action,  kemudian cari di folder penyimpanan kita ketika kita menyimpan sebelumnya (Gambar Folder penyimpanan)

Gambar Load Action

Gambar Folder Penyimpanan 

Kemudian pilih action, dan yang terakhir pilih Load. Selesai dan kita tinggal mencari Action yang sudah kita masukan di Panel Action kemudian kita tinggal menggunakan Action tersebut untuk mempermudah kerja kita. 

2 comments for "Cara memasang Action di Adobe Photoshop CC"

Post a Comment