Jawaban Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Kelas 2 SD
Jawaban Tema 5 Subtema 1
Pembelajaran 5 Kelas 2 SD
Pada
tema 5 subtema 1 pembelajaran 5 kelas 2 SD, terdiri banyak kegiatan
diantaranya, Ayo Mengamati, Ayo Berlatih, Ayo Membaca, Ayo Mencoba, Ayo
Bercerita, Ayo Berlatih, Ayo Mengamati dan yang terakhir Ayo Bercerita.
Untuk
membantu anak anak Bapak Ibu belajar di rumah, akan kami bagikan pembahasan
terkait dengan Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Kelas 2 SD, khususnya dalam
mencari Jawaban yang bisa menjadi option Bapak Ibu menjawab berbagai
pertanyaan.
Pembahasan
Dalam
pembahasan 1, kegiatan Ayo Mengamati, anak Bapak Ibu disuruh mengamati Gurunya
membacakan puisi tentan "Burung Kutilang".
Pada
Sesi Ayo Berlatih anak Bapak/Ibu kalian dminta membat pertanyaan tentang puisi
tersebut, berikut ada contoh pertanyaan dan jawaban yang bisa dijadikan opsi
bapak ibu untuk berlatih membuat soal dan jawaban.
Contoh 1
- Pertanyaan : " dimana pohon kutilang bersiul siul ? "
- Jawaban : " dipucuk pohon cemara"
Contoh 2
- Pertanyaan : “ burung apa yang setiap hari bersiul?”
- Jawaban : “burung kutilang”
Ayo Berdiskusi
Jawaban pada halaman 44 bisa seperti
dibawah ini
- Cemara : Arti cemara di KBBI adalah: secekak bulu kuda (lembu, kerbau, dan sebagainya) yang dipakai sebagai hiasan pada tombak dan sebagainya
- Bersiul : Arti bersiul di KBBI adalah: mengeluarkan tiruan bunyi suling (dengan mulut).
- Jemu : Arti jemu di KBBI adalah: sudah tidak suka lagi
- Berseru : Arti berseru di KBBI adalah: memanggil atau menarik perhatian dengan suara nyaring.
- Paruh : Arti paruh di KBBI adalah: moncong atau mulut (burung, ayam, itik)
Jawaban pada halaman 45 bisa seperti
dibawah ini
Pada halaman 45 anak Bapak Ibu
kalian diminta untuk menguji hasil diskusi, caranya dengan mengerjakan latihan
yang sudah disediakan.
- Mulut burung, ayam, dan itik = PARUH
- Menirukan bunyi suling dengan mulut = BERSIUL
- Menarik perhatian dengan suara nyaring = BERSERU
- Kata yang sama dengan bosan = JEMU
- Pohon yang berbatang tinggi lurus. Pohonnya menyerupai tiang, daunnya kecil-kecil seperti lidi = CEMARA
Ayo Membaca
Jawaban pada halaman 46 bisa seperti
dibawah ini
Pahami puisi berikut! Bacalah dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Burung Berkicau
Di pagi hari
Kulihat engkau berayun-ayun
Sambil berkicau
Kadang kuingin memiliki
Sayap dan suara sepertimu
Suara yang sangat merdu
Kicauan di langit biru
(Karya: Erika Artha Dini, SD Negri Kebumen 1)
Berikan tanggapan tampilan temanmu!
Seperti kelebihan dan kelemahan dalam membaca puisi!
- Kelebihan: pembawaan sudah berani
- Kelemahan: kurang keras dalam pembawaan
- Kelebihan: intonasi suara sudah jelas
- Kelemahan: expresi yang masih kurang
Ayo Mencoba
Jawaban pada halaman 48 bisa seperti
dibawah ini
Beni telah selesai membersihkan sangkar
burung.
Beni menggantungkan sangkar burung
di tempatnya semula.
Kemudian Beni bermain di taman.
Mainan di taman banyak macamnya.
Ada mainan bergelantungan. Ada
mainan perosotan.
Ada mainan ayunan. Beni memilih
mainan untuk bergelantungan.
Apa yang sedang dilakukan Beni?
Jawaban: Bermain bergelantungan.
Pernahkah kamu melakukan seperti
Beni?
Jawaban: Iya, pernah.
Lakukan gerakan seperti Beni! Ikuti
arahan gurumu!
Ayo Bercerita
Jawaban pada halaman 49 bisa seperti
dibawah ini
Ceritakan gerakan yang dilakukan
Beni! Tuliskan pada kotak berikut.
Jawaban: Pertama, tangan Beni bergantung dengan kaki lurus ke bawah. Kedua, tangan Beni bergantung dan paha diangkat ke depan. Ketiga, tangan Beni bergantung dan kaki ditekuk ke belakang. Keempat, tangan Beni bergantung, lalu kaki memanjang ke depan. Kelima, tangan Beni bergantung dan kaki memanjang ke belakang. Kemudian yang terakhir, tangan Beni bergantung dan paha diangkat ke samping.
Ayo Berlatih
Jawaban pada halaman 50 bisa seperti
dibawah ini
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang (v) untuk gambar yang
sesuai dengan sila kedua Pancasila!
Ayo Mengamati
Jawaban pada halaman 53 bisa seperti dibawah ini
Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Kerjakan pada kolom berikut!
Jawaban: saya sangat cinta kedua orang tuaku, adik kakak dan semua keluarga.
Saya menghormati orang yang lebih
tua.
Saya sangat menyanyangi orang yng
lebih muda
Disclaimer:
Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.
Mantap pak... Lanjutkan!!!
ReplyDeletemakasih kak
Delete